KAWASAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN



Teknologi pembelajaran adalah media yang lahir sebagai akibat dari revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran, hal ini juga selain dari guru, buku pelajaran dan papan tulis. Hal yang membentuk dari teknologi pembelajaran adalah dengan adanya media elektronik seperti televisi, komputer, proyektor dan bagian dari perangkat keras maupun perangkat lunak. Teknologi pembelajaran memiliki beberapa fungsi dan manfaat, yakni :
a.       Fungsi teknologi pembelajaran
Ada Sembilan fungsi dari teknologi pembelajaran, antara lain :
1.      Sebagai sarana bahan ajar yang ilmiah dan objektif
2.      Sebagai sarana memotivasi peserta didik yang semangat belajarnya rendah
3.      Sebagai sarana untuk membantu peserta didik mempresentasikan apa yang mereka ketahui
4.      Sebagai sarana untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran
5.      Sebagai sarana mempermudah penyampaian materi
6.      Sebagai sarana untuk mempermudah desai pembelajaran
7.      Sebagai media pendukung pelajaran dengan mudah
8.      Sebagai sarana pendukung terlaksananya program pembelajaran yang sistematis
9.      Sebagai sarana meningkatkan keberhasilan pembelajaran
b.      Manfaat teknologi pembelajaran
v  Manfaat bagi pendidik
1.      Pendidik dapat lebih memudahkan tercapainya tujuan pendidikan.
2.      Pendidik dapat mempermudah desain pembelajaran.
3.      Pendidik dapat menunjang metode pembelajaran.
4.      Pendidik dapat lebih meningkatkan efektifitas pembelajaran.
5.      Pendidik lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran
6.      Pendidik dapat mengefisiensikan waktu.
7.      Dapat menjadi daya dukung pengajaran seorang pendidik.
v  Manfaat bagi peserta didik
1.      Peserta didik dapat lebih cepat menyerap materi pelajaran yang telah disampaikan oleh pendidik.
2.      Peserta didik menerima materi pembelajaran dengan senang.
3.      Peserta didik dapat mempresentasikan apa yang mereka ketahui.
4.      Peserta didik tidak bosan dengan cara penyampaian materi pembelajaran secara verbal.
5.      Peserta didik lebih bisa berekspresi dalam proses pembelajaran.
Selain itu, teknologi pembelajaran juga mengalami pembagian menjadi lima kawasan. Yakni, kawasan desain, kawasan pengembangan, kawasan pemanfaatan, kawasan pengelolaan, dan kawasan penilaian.

Comments

Popular Posts