MODEL GEORGE BETTS (MODEL AOTONOMOUS LEARNER)




Modelnya didasarkan pada konsep “pembelajar mandiri” (autonomous learner). Pembelajar mandiri adalah mereka yang mampu menyelesaikan madalah atau mengembangkan gagasan-gagasan baru dengan mengombinasikan cara piker divergen atau konvergen tanpa terlalu banyak dibantu orang luar untuk memilih bidang-bidang tindakan yang dikehendakinya (Betts dan Knapp, 1981).
Professor George Betts dan Jolene Kercher menciptakan Autonomous Learner Model (ALM) untuk mendorong pola pembelajaran yang self-directed untuk siswa-siswa yang berbakat. Tujuan utama model ini adalah memfasilitasi perkembangan siswa agar menjadi pembelajar yang independen, mandiri, dengan pengembangan skill, konsep-konsep, dan sikap-sikap positif dalam ranah kognitif, emosional dan social.
Model ini dirancang untuk menggiring siswa menuju peran para pembelajar, yang dapat mengontrol proses belajarnya sendiri, dengan guru sebagai pihak yang berperan fasilitator. Dengan pendekatan yang fleksibel, model ini dapat digunakan di kelas-kelas regular (untuk semua siswa dan lintas tahapan perkembangan), pada kelompok-kelompok kecil, pada kursus-kursus privat, atau pada bidang-bidang pembelajaran tertentu atau lintas kurikulum.
Lima dimensi model ini antara lain:
1.      Orientasi – memahami bakat dan potensi, aktifitas-aktifitas kelompok, pengembangan diri/personal.
2.      Pengembangan Individual – pemahaman intra/interpersonal, skill-skill belajar, pemanfaatan teknologi, kesadaran universitas/karier, skill-skill organisasional dan produktivitas.
3.      Kekayaan – pelajaran, eksplorasi, investigasi, aktifitas-aktifitas cultural, layanan masyarakat, darmawisata, camp.
4.      Seminar – presentasi kelompok kecil tentang persoalan-persoalan umum, isu-isu masa depan, isu-isu problematic dan controversial atau topic-topik pengetahuan tingkat lanjut.
5.      Studi Mendalam – proyek-proyek individu, proyek-proyek kelompok, mentor, presentasi, penilaian diri dan orang lain.

Sumber : Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (MH)

Comments

Popular Posts