Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran (instruction)
bermakna sebagai “upaya untuk membelajarkan seseorang atau kelompok melalui
berbagai upaya (effort) dan berbagai
strategi, metode dan pendekatan kea rah pencapaian tujuan yang telah
direncanakan”. Pembelajaran dapat pula
dipandang sebagai kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional
untuk membuat siswa belajar secara aktif yang menekankan pada penyediaan sumber
belajar.
Para ahli berpendapat mengenai pengertian
pembelajaran, diantaranya:
a. Pembelajaran
adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk
memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu. Pembelajaran merupakan
subjek khusus dari pendidikan (Corey, 1986);
b. Pembelajaran
adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada
suatu lingkungan belajar (UU SPN No. 20 tahun 2003);
c. Pembelajaran
adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan
perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu
sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Mohammad Surya);
d. Pembelajaran
adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsure-unsur manusiawi, material,
fasilitas, perlengkapan, prosedur, yang saling memengaruhi dalam mencapai
tujuan pembelajaran (Oemar Hamalik);
e. Pembelajaran
adalah rangkaian peristiwa (events)
yang mempengaruhi pembelajaran sehingga proses belajar dapat berlangsung dengan
mudah (Gagne dan Brigga, 1979).
Pada prinsipnya, pembelajaran tidak hanya terbatas
pada event-event yang dilakukan oleh
guru, tetapi mencakup semua events yang
mempunyai pengaruh langsung pada proses belajar. Pembelajaran pada dasarnya
merupakan kegiatan terencana yang mengkondisikan/ merangsang seseorang agar
bisa belajar dengan baik agar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Sumber
: Abdul Majid, Strategi Pembelajaran
Comments
Post a Comment